Paket Lengkap Persepsi, Pengetahuan, Dan Perilaku Wacana Obat Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Kota Pariaman, Sumatera Barat
Baca Juga:
Abstrak: Penggunaan obat yang tidak rasional termasuk terjadinya penyalahgunaan obat merupakan salah satu efek dari rendahnya pengetahuan masyarakat perihal obat, termasuk siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menilai persepsi, pengetahuan dan perilaku siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kota Pariaman perihal obat-obatan. Penelitian dilakukan dengan metode deksriptif dan analitik secara cross sectional memakai instrumen kuesioner. Data dianalisis memakai analisis univariat dan bivariat. Hasil menunjukkan bahwa Persepsi siswa terhadap keamanan obat dikategorikan tinggi (95,5%), siswa bersikap konkret terhadap obat (60,3%) namun mempunyai pengetahuan yang kurang (74,8%). Alamat rumah responden ialah tinggal di kota atau desa mempunyai kekerabatan yang bermakna dengan tingkat pengetahuan. Siswa yang tinggal di kota mempunyai pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tinggal di desa. Terdapat kekerabatan antara persepsi dengan perilaku (P<0,05), namun tidak ada kekerabatan antara pengetahuan dengan tingkat persepsi (P>0,05) dan antara pengetahuan dengan perilaku (P>0,05). Rendahnya persepsi dan pengetahuan sanggup mendorong siswa untuk melaksanakan kesalahan yang lebih fatal ibarat penyalahgunaan obat atau penggunaan obat yang tidak rasional. Upaya berupa pendidikan obat di sekolah merupakan langkah yang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahauan siswa perihal obat.
Kata Kunci: persepsi; pengetahuan; sikap; obat; siswa SMA
Penulis: Syofyan, Habibie Deswilyaz Ghiffari, Erizal Zaini
Kode Jurnal: jpfarmasidd170383
