Paket Lengkap Diglosia Bahasa Dalam Pelayanan Obat Di Apotek Siti Hadjar Pku Muhammadiyah Tegal


Abstract: Proses komunikasi dalam pelayanan kefarmasian yang melibatkan penutur dan kawan tutur merupakan acara bahasa yang masuk pada ranah sosiolinguistik.Peristiwakontak bahasa yang dilakukan penutur dan kawan tutur pada pelayanan diapotek tidak dapat lepas dari diglosia bahasa. Adapun tujuan penelitian adalah    untuk mengetahui diglosia bahasa dalam swamedika di apotek Siti Hadjar PKU MuhammadiyahTegal. Metode penelitian ini memakai metode  penelitian kualitatif deskriptif. Proses analisis yaitu:  reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan final (conclusion). Hasil penelitian menurut Data 1  adalahKata-kata yang dipakai oleh pelayan disampaikan dengan isyarat etik yang normatif. Jawaban ibu pembeli bukan memakai bahasa Indonesia menyerupai yang disampaikan pelayan, tetapi memakai bahasa kromo inggil yang dalam bahasa jawa memiliki kedudukan tertinggi. Data 2, tidak ada ragam T atau ragam R, ini alasannya yaitu seumuran atau dalam pelayanan si Pelayan memberikan secara biasa, singkat, dan datar sehingga pembeli pun menjawab dengan singkat dan biasa. Data 3, dalam percakapannya menandakan pelayan menjelaskan secara detail, sabar dan komunikatif. Kata-kata sapaan diungkapkan berkali-kali, memberikan mengakui keberadaan lawan bicara
Penulis: Ahmad Sunardi, Agus Susanto
Kode Jurnal: jpfarmasidd180170

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel