Terbaik Tanya Jawab Ekuivalensi Jam Mengajar Guru Menjadi Wali Kelas Beserta Penjelasannya

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Berikut daftar pertanyaan dan balasan terkait dengan ekuivalensi jumlah jam mengajar (beban kerja) kiprah guru menjadi wali kelas.

GURU MENJADI WALI KELAS

1. Kegiatan apa saja yang menjadi kiprah wali kelas?

Tugas wali kelas antara lain:

a.   pengelolaan kelas,
b.   berinteraksi dengan orang tua/wali penerima didik,
c.   penyelenggaraan manajemen kelas,
d.   penyusunan dan laporan kemajuan berguru penerima didik,
e.   pembuatan catatan khusus perihal penerima didik,
f.    pencatatan mutasi penerima didik,
g.   pengisian dan pembagian buku laporan evaluasi hasil belajar,
h.   dan lain lain kiprah kewalikelasan.


2. Kegiatan apa saja yang termasuk dalam pengelolaan kelas?

Kegiatan yang termasuk dalam pengelolaan kelas antara lain:

a. Memastikan ketersediaan sarana prasana penunjang kelas, diantaranya kelengkapan kelas, jadwal pelajaran, papan tulis, ATK, media pembelajaran, listrik, pengaturan sirkulasi udara, kebersihan dan kesehatan ruangan,
b.   Pembentukan pengurus kelas dan tugas-tugas lainnya disertai rincian kiprah dan kewenangannya,
c.   Membuat jadwal piket kelas,
d.   Mengatur posisi duduk penerima didik sesuai dengan karakteristik mereka.

3. Apakah yang dimaksud dengan interaksi antara wali kelas dengan orang tua/wali penerima didik?

Hal-hal yang termasuk dalam interaksi antara lain:

a.   Interaksi antara wali kelas dengan orang tua/wali penerima didik ialah pertemuan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan penerima didik,
b.   Interaksi sanggup dilakukan minimal tiga kali pertemuan dalam satu semester.
c.   Selain tiga pertemuan, interaksi sanggup juga dilakukan melalui telepon, SMS, media group online (WA, email, BB, line) maupun media cetak (brosur, buletin, majalah dinding kelas),
d.   Pertemuan sanggup dilakukan dengan mengundang orang tua/walipeserta didik ke sekolah atau mengunjungi kediaman penerima didik,
e.   Pertemuan sanggup dilakukan secara individu, kelompok, atau seluruh orang tua/wali penerima didik.

4. Apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan antara wali kelas dengan orang tua/wali penerima didik?

Hal-hal yang dibicarakan dalam pertemuan antara wali kelas dengan orang tua/wali penerima didik antara lain:

a.   Kegiatan /pertemuan rutin antara wali kelas dengan orang tua/wali penerima didik
b.   Kebijakan dan jadwal acara sekolah dan kelas dalam bulanan, semester, dan tahunan
c.   Kondisi, potensi, tantangan, dan peluang di kelas dan penerima didik,
d.   Perkembangan penerima didik baik akademis maupun keperibadiannya,
e.   Hasil laporan koordinasi dengan BK/Wkl Kepala sekolah Bidang Kesiswaan, dan/atau pihak terkait lainnya.

Dalam pertemuan wali kelas dengan orang tua/wali penerima didik hendaknya didiskusikan antara lain hal-hal yang berkaitan dengan perlunya keterlibatan bersama antara sekolah dengan rumah mengenai:

a.   pembentukan huruf building;
b.   menjunjung tinggi budaya bangsa;
c.   hormat kepada orang tua;
d.   pendidikan seks yang sesuai dengan norma dan agama;
e.   bahaya Narkoba bagi anak-anak;
f.    cinta lingkungan hidup;
g.   kerukunan umat;
h.   keterlibatan masyarakat dalam pendidikan.

5. Langkah apa yang dilakukan bila ada penerima didik mempunyai permasalahan dalam hal belajar, interaksi sosial, dan yang lainnya?

Langkah yang dilakukan bila ada penerima didik mempunyai permasalahan dalam hal belajar, interaksi sosial, dan yang lainnya antara lain:

a.   Memanggil penerima didik yang bermasalah.
b.   Mencatat permasalahan dalam buku training penerima didik.
c.   Berkoordinasi dengan guru BK atau pihak terkait.
d.   Berkomunikasi dengan orang tua/wali penerima didik.
e.   Melaksanakan bimbingan dan tindak lanjut hasil pertemuan wali kelas dan penerima didik.

Hal yang paling penting saat wali kelas menemukan permasalahan penerima didik ialah bagaimana guru sanggup berlaku sebagai motivator dan sanggup melibatkan pihak-pihak terkait supaya penerima didik menjadi manusia yang baik.

Baca Juga:

    6. Bagaimana mengerjakan manajemen kelas?

    Kegiatan yang harus dilakukan dalam mengerjakan manajemen kelas ialah mengisi buku jurnal kelas, jadwal kelas, buku penghubung, dan daftar hadir.

    Wali Kelas
    TUGAS
    JUMLAH KEGIATAN / KELAS / KELOMPOK / ORANG
    EKUIVALENSI
    BEBAN
    KERJA
    PER MINGGU
    BUKTI FISIK
    a.    Pengelolaan Kelas
    b. Berinteraksi dengan orang tua/wali penerima didik
    c.  Penyelenggaraan Administrasi Kelas
    d.  Penyusunan dan laporan kemajuan berguru penerima didik
    e.    Pembuatan catatan khusus perihal penerima didik
    f.     Pencatatan mutasi penerima didik
    g.    Pengisian dan pembagian buku laporan evaluasi hasil belajar
    h.    dan lain-lain tugas
    Satu kelas
    per tahun
    2 jam
    pelajaran
    a.   Surat kiprah sebagai wali kelas dari kepala sekolah
    b.   Program dan jadwal acara yang ditandatangani oleh kepala sekolah.
    c.   Laporan hasil acara wali kelas

    Untuk melihat tanya jawab seputar ekuivalensi kiprah embel-embel guru yang lainnya sanggup dilihat pada links artikel di bawah ini :

    1.   Ekuivalensi Jam Mengajar Guru Pembina OSIS.
    2.   Ekuivalensi Jam Mengajar Guru Piket.
    3.   Ekuivalensi Jam Mengajar Guru Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler.
    4.   Ekuivalensi Jam Mengajar Guru Menjadi Tutor Paket A, B, atau C.

    Referensi artikel : Permendikbud No. 4 Tahun 2015

    Artikel Terkait

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel