Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun 2018
Berikut ini ialah pola soal UTS Bahasa Indonesia kelas 6 semester 1 terbaru tahun fatwa 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS Bahasa Indonesia kelas 6 semester 1 ini sanggup dijadikan acuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 6 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.
1. Perhatikan urutan di bawah ini !
(1) hasil kunjungan
(2) waktu kunjungan
(3) nama pembuat laporan
(4) tempat objek
(5) judul laporan
Urutan yang sempurna untuk membuat laporan kunjungan ialah ....
a. (2), (4), (5), (3), (1)
b. (4) , (3), (5) (2), (1)
c. (5), (4), (3), (2), (1)
d. (5), (4), (3), (1), (2)
2. Pekan raya di daerahku sangat meriah. Acara tersebut diadakan di alun-alun bersahabat kantor kabupaten. Di sana banyak pedagang yang menjual banyak sekali macam barang kebutuhan masyarakat, contohnya sembako, baju, sepatu, tas, dan aneka kerajinan tangan. Tidak hanya barang-barang, mereka juga menjual makanan tradisional. Beberapa artis ibukota juga hadir untuk memeriahkan pekan raya ini. Wah, pekan raya ini sungguh meriah.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a. program di alun-alun bersahabat kantor kabupaten
b. pekan raya
c. pekan raya di daerahku
d. kemeriahan pekan raya
3. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) memakai bahasa yang tegas
(2) memaksakan kritikan
(3) menyertakan alasan yang masuk akal
(4) mengkritik harus sesuai dengan masalah
Pernyataan terkait mengkritik yang baik ditunjukkan pada nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) , (3), dan (4)
4. Budi : (masuk kelas tanpa mengetahui gurunya ada di belakangnya)
Jangan panggil saya Budi Sudarsono jikalau saya tidak berani protes pada Pak Haris yang sombong dan suka pilih kasih itu !
Kritikan yang sempurna untuk Budi ialah ....
a. Jangan hanya berani di belakang orang saja!
b. Kalau berbicara itu tengak-tengok dulu Bud !
c. Kasihan kau Bud, makanya jangan berani pada Pak Haris!
d. Bersikaplah sopan kepada siapa saja, di mana saja!
5. Berdasarkan hasil kunjungan kami di lokasi, ternyata banjir yang melanda desa ini disebabkan oleh ulah warga yang sering membuang sampah di sungai.
Pernyataan tersebut sempurna untuk ....
a. laporan hasil pengamatan
b. laporan hasil kunjungan
c. resensi buku
d. ringkasan
6. Berikut ini yang termasuk laporan kunjungan ialah ...
a. Bertamasya ke Candi Borobudur
b. Naiknya Harga BBM
c. Biografi Abdurrahman Wahid
d. Pengamatan Pembibitan Anggur
7. Sebelum membuat percakapan perlu memilih ....
a. topik
b. judul
c. pemain
d. latar cerita
8. Sepiku mengingatkanku kembali pada kenangan
Tentang indahnya kebersamaan
Tentang sedihnya perpisahan
Tak terasa sekarang kita tlah jauh
Ku rindu dengan candamu
Ku rindu dengan tawamu
Ku ingin bersama lagi
Merasakan indahnya kebersamaan ibarat dulu
Judul yang sempurna untuk puisi di atas ialah ....
a. Indahnya Kebersamaan
b. Kenangan Lama
c. Rindu Sahabat
d. Persahabatan
9. Karangan yang tidak terikat bait dan rima disebut ...
a. prosa
b. puisi
c. drama
d. narasi
10. Mengubah puisi ke bentuk prosa disebut ...
a. paraprosa
b. parafrasa prosa
c. parafrasa puisi
d. mengarang
11. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat parafrasa puisi menjadi prosa ialah ....
a. puisi dibaca dengan nyaring
b. harus mengetahui nama pengarangnya
c. makna puisi dihentikan berubah
d. dihentikan menambah kata-kata untuk memperjelas makna
12. Nadia sedang menikmati rangkaian peristiwa dalam pertunjukan drama " Malin Kundang " di program pentas seni. Bagian kalimat yang dicetak miring sanggup diganti dengan istilah ...
a. tema
b. alur
c. amanat
d. latar
13. Js sdt WC brpnglmn. Ogks 200rb. Hub. CV Adiputra. HP 081333555800
Teks di atas merupakan ....
a. ringkasan pesan
b. iklan lowongan kerja
c. iklan penawaran jasa
d. pengumuman
14. Nama : Anggita Sari
Tempat/tanggal lahir : 20 Juli
Alamat : Perum Pegadaian Indah No 10 Jakarta
Data yang salah pada cuplikan daftar riwayat hidup di atas ialah ....
a. nama
b. tempat/tanggal lahir
c. alamat
d. nama dan alamat
15. Kritikan yang baik terdapat dalam kalimat ….
a. Menurutku, apa yang kau lakukan itu sudah tepat. Untuk ke depannya kau harus lebih berhati-hati lagi menghadapi orang ibarat dia.
b. Bahasa Inggrismu masih banyak yang salah! Sebaiknya, kau ikut lomba debat tahun depan saja!
c. Aku pikir hasil karyamu ini bagus, tapi kalau untuk dijual tampaknya masih belum layak.
d. Kamu ini memang terpelajar bicara. Kamu pantasnya jadi penjual obat saja.
16. Irma seringkali kesulitan mengerjakan PR Matematika meskipun sudah diajari berkali-kali. Saran yang sempurna untuk permasalahan tersebut ialah ….
a. Sebaiknya Irma meminta orang lain untuk mengerjakan PRnya
b. Sebaiknya Irma tidak usah mengerjakan PR tersebut
c. Sebaiknya Irma tidak masuk sekolah jikalau ada PR Matematika
d. Sebaiknya Irma lebih rajin berguru Matematika dan minta bimbingan khusus
17. Kalimat yang mengatakan kebanggaan ialah ....
a. Wah, bagus benar tulisanmu hingga tidak sanggup dibaca !
b. Aku tertarik dengan ceritamu yang lucu
c. Kamu mahir ! Aku mengagumi semua karyamu.
d. Aduhai, gadis itu manis sekali !
18. Formulir yang berisi perihal data diri seseorang secara lengkap disebut ....
a. daftar riwayat hidup
b. kartu keluarga
b. catatan pribadi
d. buku harian
19. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil pengamatan yaitu ….
a. Waktu, hasil, pelapor, tempat, objek, nilai
b. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor
c. Tempat, waktu, hasil, objek, judul, kesimpulan
d. Objek, waktu, hasil, pelapor, tanda tangan orangtua
20. Hasil pengamatan :
1. Seluruh kelas atau semua siswa mengikuti upacara
2. Siswa yang terlambat tidak diperbolehkan masuk kedalam barisan
3. Ada lima anak pria yang berbaris terpisah lantaran tiba terlambat
4. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap
Laporan pengamatan di atas berisi perihal ….
a. Kedisiplinan siswa dalam mengikuti upacara
b. Kedisiplinan siswa dikala akan memasuki kelas
c. Saat berbaris, ada lima anak berbaris terpisah
d. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap
21. Tante tiba ketika saya gres saja pulang dari les renang.
Kalimat di atas merupakan kalimat ....
a. beragam setara
b. beragam bertingkat
c. berita
d. gabungan
22. .... listrik padam, saya tetap belajar.
Kata hubung yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
a. Karena
b. Ketika
c. Setelah
d. Meskipun
23. Berikut ini kalimat yang berisi saran ialah ....
a. Tolong, berikan makanan ini untuk pengemis itu !
b. Wah, merdu sekali suaramu !
c. Maaf, sebaiknya kau berguru lebih ulet lagi !
d. Silahkan merasakan camilan manis ini !
24. Dahulu orang belum mengenal tulisan. Pada umumnya orag zaman dahulu masih buta huruf. Mereka membuat lambang-lambang untuk berkomunikasi.
Topik yang sempurna untuk laporan tersebut ialah ....
a. Zaman dahulu orang tidak sanggup membaca.
b. Orang belum banyak memahami aksara dan lambang.
c. Lambang dipakai sebagai alat komunikasi orang zaman dulu.
d. Orang-orang membuat lambang-lambang untuk berkomunikasi.
25. Rio gres saja mengunjungi Wisata Bahari Lamongan bersama sahabat sekelasnya. Setelah pulang, Rio dan teman-temannya membuat karya ilmiah yang disebut ....
a. laporan
b. tugas
c. narasi
d. laporan hasil kunjungan
26. Sebaiknya kau menyimpan uangmu di bank saja, semoga lebih aman.
Kalimat tersebut merupakan kalimat ....
a. anjuran
b. perintah
c. tanggapan
d. pujian
27. Sunyi sepi sendiri
Suara jangkrik memecah kebisuan
Kusibak tirai dan kutatap langit
Rembulan mengintip di balik awan
Puisi tersebut melukiskan waktu ....
a. pagi hari
b. siang hari
c. senja hari
d. malam hari
28. Lala tinggal bersama neneknya yang miskin. Meskipun demikian, Lala selalu ceria. Ia dan neneknya hanya mempunyai dua ekor domba. Lala rajin menggembalakan domba di tepi hutan. Di pagi hari, ia jarang sarapan. Neneknya memasukkan sebungkus nasi dan ikan asin ke dalam tas sekolahnya untuk bekal.
Watak tokoh Lala dalam penggalan kisah di atas ialah ....
a. baik dan suka membantu
b. ceria dan rajin
c. ramah dan baik
d. baik dan sederhana
29. Perayaan ulang tahun Rani sangat meriah. Semua sahabat sekelasnya hadir di program itu. Dalam program tersebut ditampilkan pertunjukan sulap dan atraksi yang menarik. Teman-teman Rani menikmati jalannya program hingga selesai.
Jenis paragraf tersebut ialah ....
a. narasi
b. deskripsi
c. persuasi
d. eksposisi
30. Perhatikan kutipan syair berikut !
wahai ananda cahaya mata
banyaklah berbudi dari berkata
tergoda budi balaslah segera
supaya hidupmu tiada nista
Maksud kutipan syair tersebut ialah ....
a. permintaan seorang anak kepada orang tuanya
b. keinginan orang tuanya pada masa depan anaknya
c. seruan untuk sering bertindak daripada bicara
d. seruan untuk sayang kepada ayah dan ibu
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang benar !
1. Kita harus tekun berlatih semoga sanggup meraih juara satu, Jo (....) “ kata Bedu kepada Bejo.
Tanda baca yang sempurna untuk mengisi cuilan rumpang pada kalimat petikan eksklusif tersebut ialah ....
2. Nama : Susi Marlina
.... : Semarang, 20 Juni 2006
Pada formulir diatas, titik-titik diisi dengan ....
3. Dalam drama, tokoh yang jahat disebut juga ....
4. Tanda baca yang dipakai dalam obrolan setelah kata yang mengambarkan pelaku dalam obrolan ialah ....
5. Ridwan sedang mengunjungi Museum Nasional. Untuk masuk ke museum ini tersedia tiket masuk yang sanggup dibeli di loket. Harganya cukup terjangkau. Latar tempat insiden di atas ialah ....
6. Lomba panjat pinang diadakan di halaman rumah Pak Kades.
Keterangan tempat pada kalimat di atas ialah ....
7. Pangeran Katak (pukau) melihat kecantikan Putri Bungsu.
Kata dalam kurung seharusnya ....
8. Puisi Aku, Deru Campu Debu, dan Yang Terampas dan Yang Putus ialah puisi karya ....
9. Nurma :” Yun, pantas saja ya kalau Bedu dijuluki Si Besar Mulut !”
Yunita :” Ya iya lah, ibarat yang kita tahu, Bedu itu kan suka ....
Kata yang sempurna untuk melengkapi percakapan di atas adalah....
10. (juang) para satria dihentikan dilupakan. Kata dalam kurung seharusnya ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud dengan membaca intensif ?
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
2. Apa saja unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah laporan pengamatan ?
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
3. Sebutkan unsur-unsur yang harus ada pada sebuah kisah !
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
4. Bagaimana cara mengkritik yang baik ?
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
5. Sebutkan cara memparafrasakan puisi !
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun 2018
2. d. kemeriahan pekan raya
3. c. (3) dan (4)
4. d. Bersikaplah sopan kepada siapa saja, di mana saja!
5. b. laporan hasil kunjungan
6. a. Bertamasya ke Candi Borobudur
7. a. topik
8. c. Rindu Sahabat
9. a. prosa
10. c. parafrasa puisi
11. c. makna puisi dihentikan berubah
12. b. alur
13. c. iklan penawaran jasa
14. b. tempat/tanggal lahir
15. a. Menurutku, apa yang kau lakukan itu sudah tepat. Untuk ke depannya kau harus lebih berhati-hati lagi menghadapi orang ibarat dia.
16. d. Sebaiknya Irma lebih rajin berguru Matematika dan minta bimbingan khusus
17. c. Kamu mahir ! Aku mengagumi semua karyamu.
18. a. daftar riwayat hidup
19. b. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor
20. a. Kedisiplinan siswa dalam mengikuti upacara
21. a. beragam setara
22. d. Meskipun
23. c. Maaf, sebaiknya kau berguru lebih ulet lagi !
24. c. Lambang dipakai sebagai alat komunikasi orang zaman dulu.
25. d. laporan hasil kunjungan
26. a. anjuran
27. d. malam hari
28. b. ceria dan rajin
29. a. narasi
30. c. seruan untuk sering bertindak daripada bicara
2. Tempat/tanggal lahir
3. antagonis
4. titik dua (:)
5. Museum Nasional
6. halaman rumah Pak Kades.
7. terpukau
8. Chairil Anwar
9. suka membual
10. Perjuangan
2. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor
3. Unsur-unsur Cerita:
1. Tema (Gagasan pokok atau ilham pikiran cerita)
2. Tokoh (Orang yang terlibat dalam cerita)
3. Alur (Jalan / rangakaian persitiwa dalam cerita)
4. Latar (Tempat, waktu atau suasana terjadinya kisah tersebut)
5. Sudut Pandang (Cara pengarang menempatkan tokoh fiktifnya atau menempatkan dirinya dalam cerita)
6. Watak (Sifat atau karakter tokoh dalam cerita)
7. Amanat (Pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya)
4. memakai bahasa yang sopan, menyertakan alasan yang masuk akal, mengkritik harus sesuai dengan masalah
5. membaca puisi dengan cermat, memperhatikan kata-kata sulit dalam puisi kemudian menjadikannya sebagai kata kunci, mengungkapkan isi puisi menurut kata-kata sulit itu
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 Terbaru
I. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada aksara a, b, c, atau d !1. Perhatikan urutan di bawah ini !
(1) hasil kunjungan
(2) waktu kunjungan
(3) nama pembuat laporan
(4) tempat objek
(5) judul laporan
Urutan yang sempurna untuk membuat laporan kunjungan ialah ....
a. (2), (4), (5), (3), (1)
b. (4) , (3), (5) (2), (1)
c. (5), (4), (3), (2), (1)
d. (5), (4), (3), (1), (2)
2. Pekan raya di daerahku sangat meriah. Acara tersebut diadakan di alun-alun bersahabat kantor kabupaten. Di sana banyak pedagang yang menjual banyak sekali macam barang kebutuhan masyarakat, contohnya sembako, baju, sepatu, tas, dan aneka kerajinan tangan. Tidak hanya barang-barang, mereka juga menjual makanan tradisional. Beberapa artis ibukota juga hadir untuk memeriahkan pekan raya ini. Wah, pekan raya ini sungguh meriah.
Ide pokok bacaan di atas ialah ... .
a. program di alun-alun bersahabat kantor kabupaten
b. pekan raya
c. pekan raya di daerahku
d. kemeriahan pekan raya
3. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) memakai bahasa yang tegas
(2) memaksakan kritikan
(3) menyertakan alasan yang masuk akal
(4) mengkritik harus sesuai dengan masalah
Pernyataan terkait mengkritik yang baik ditunjukkan pada nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) , (3), dan (4)
4. Budi : (masuk kelas tanpa mengetahui gurunya ada di belakangnya)
Jangan panggil saya Budi Sudarsono jikalau saya tidak berani protes pada Pak Haris yang sombong dan suka pilih kasih itu !
Kritikan yang sempurna untuk Budi ialah ....
a. Jangan hanya berani di belakang orang saja!
b. Kalau berbicara itu tengak-tengok dulu Bud !
c. Kasihan kau Bud, makanya jangan berani pada Pak Haris!
d. Bersikaplah sopan kepada siapa saja, di mana saja!
5. Berdasarkan hasil kunjungan kami di lokasi, ternyata banjir yang melanda desa ini disebabkan oleh ulah warga yang sering membuang sampah di sungai.
Pernyataan tersebut sempurna untuk ....
a. laporan hasil pengamatan
b. laporan hasil kunjungan
c. resensi buku
d. ringkasan
6. Berikut ini yang termasuk laporan kunjungan ialah ...
a. Bertamasya ke Candi Borobudur
b. Naiknya Harga BBM
c. Biografi Abdurrahman Wahid
d. Pengamatan Pembibitan Anggur
7. Sebelum membuat percakapan perlu memilih ....
a. topik
b. judul
c. pemain
d. latar cerita
8. Sepiku mengingatkanku kembali pada kenangan
Tentang indahnya kebersamaan
Tentang sedihnya perpisahan
Tak terasa sekarang kita tlah jauh
Ku rindu dengan candamu
Ku rindu dengan tawamu
Ku ingin bersama lagi
Merasakan indahnya kebersamaan ibarat dulu
Judul yang sempurna untuk puisi di atas ialah ....
a. Indahnya Kebersamaan
b. Kenangan Lama
c. Rindu Sahabat
d. Persahabatan
9. Karangan yang tidak terikat bait dan rima disebut ...
a. prosa
b. puisi
c. drama
d. narasi
10. Mengubah puisi ke bentuk prosa disebut ...
a. paraprosa
b. parafrasa prosa
c. parafrasa puisi
d. mengarang
11. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat parafrasa puisi menjadi prosa ialah ....
a. puisi dibaca dengan nyaring
b. harus mengetahui nama pengarangnya
c. makna puisi dihentikan berubah
d. dihentikan menambah kata-kata untuk memperjelas makna
12. Nadia sedang menikmati rangkaian peristiwa dalam pertunjukan drama " Malin Kundang " di program pentas seni. Bagian kalimat yang dicetak miring sanggup diganti dengan istilah ...
a. tema
b. alur
c. amanat
d. latar
13. Js sdt WC brpnglmn. Ogks 200rb. Hub. CV Adiputra. HP 081333555800
Teks di atas merupakan ....
a. ringkasan pesan
b. iklan lowongan kerja
c. iklan penawaran jasa
d. pengumuman
14. Nama : Anggita Sari
Tempat/tanggal lahir : 20 Juli
Alamat : Perum Pegadaian Indah No 10 Jakarta
Data yang salah pada cuplikan daftar riwayat hidup di atas ialah ....
a. nama
b. tempat/tanggal lahir
c. alamat
d. nama dan alamat
15. Kritikan yang baik terdapat dalam kalimat ….
a. Menurutku, apa yang kau lakukan itu sudah tepat. Untuk ke depannya kau harus lebih berhati-hati lagi menghadapi orang ibarat dia.
b. Bahasa Inggrismu masih banyak yang salah! Sebaiknya, kau ikut lomba debat tahun depan saja!
c. Aku pikir hasil karyamu ini bagus, tapi kalau untuk dijual tampaknya masih belum layak.
d. Kamu ini memang terpelajar bicara. Kamu pantasnya jadi penjual obat saja.
16. Irma seringkali kesulitan mengerjakan PR Matematika meskipun sudah diajari berkali-kali. Saran yang sempurna untuk permasalahan tersebut ialah ….
a. Sebaiknya Irma meminta orang lain untuk mengerjakan PRnya
b. Sebaiknya Irma tidak usah mengerjakan PR tersebut
c. Sebaiknya Irma tidak masuk sekolah jikalau ada PR Matematika
d. Sebaiknya Irma lebih rajin berguru Matematika dan minta bimbingan khusus
17. Kalimat yang mengatakan kebanggaan ialah ....
a. Wah, bagus benar tulisanmu hingga tidak sanggup dibaca !
b. Aku tertarik dengan ceritamu yang lucu
c. Kamu mahir ! Aku mengagumi semua karyamu.
d. Aduhai, gadis itu manis sekali !
18. Formulir yang berisi perihal data diri seseorang secara lengkap disebut ....
a. daftar riwayat hidup
b. kartu keluarga
b. catatan pribadi
d. buku harian
19. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil pengamatan yaitu ….
a. Waktu, hasil, pelapor, tempat, objek, nilai
b. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor
c. Tempat, waktu, hasil, objek, judul, kesimpulan
d. Objek, waktu, hasil, pelapor, tanda tangan orangtua
20. Hasil pengamatan :
1. Seluruh kelas atau semua siswa mengikuti upacara
2. Siswa yang terlambat tidak diperbolehkan masuk kedalam barisan
3. Ada lima anak pria yang berbaris terpisah lantaran tiba terlambat
4. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap
Laporan pengamatan di atas berisi perihal ….
a. Kedisiplinan siswa dalam mengikuti upacara
b. Kedisiplinan siswa dikala akan memasuki kelas
c. Saat berbaris, ada lima anak berbaris terpisah
d. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap
21. Tante tiba ketika saya gres saja pulang dari les renang.
Kalimat di atas merupakan kalimat ....
a. beragam setara
b. beragam bertingkat
c. berita
d. gabungan
22. .... listrik padam, saya tetap belajar.
Kata hubung yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
a. Karena
b. Ketika
c. Setelah
d. Meskipun
23. Berikut ini kalimat yang berisi saran ialah ....
a. Tolong, berikan makanan ini untuk pengemis itu !
b. Wah, merdu sekali suaramu !
c. Maaf, sebaiknya kau berguru lebih ulet lagi !
d. Silahkan merasakan camilan manis ini !
24. Dahulu orang belum mengenal tulisan. Pada umumnya orag zaman dahulu masih buta huruf. Mereka membuat lambang-lambang untuk berkomunikasi.
Topik yang sempurna untuk laporan tersebut ialah ....
a. Zaman dahulu orang tidak sanggup membaca.
b. Orang belum banyak memahami aksara dan lambang.
c. Lambang dipakai sebagai alat komunikasi orang zaman dulu.
d. Orang-orang membuat lambang-lambang untuk berkomunikasi.
25. Rio gres saja mengunjungi Wisata Bahari Lamongan bersama sahabat sekelasnya. Setelah pulang, Rio dan teman-temannya membuat karya ilmiah yang disebut ....
a. laporan
b. tugas
c. narasi
d. laporan hasil kunjungan
26. Sebaiknya kau menyimpan uangmu di bank saja, semoga lebih aman.
Kalimat tersebut merupakan kalimat ....
a. anjuran
b. perintah
c. tanggapan
d. pujian
27. Sunyi sepi sendiri
Suara jangkrik memecah kebisuan
Kusibak tirai dan kutatap langit
Rembulan mengintip di balik awan
Puisi tersebut melukiskan waktu ....
a. pagi hari
b. siang hari
c. senja hari
d. malam hari
28. Lala tinggal bersama neneknya yang miskin. Meskipun demikian, Lala selalu ceria. Ia dan neneknya hanya mempunyai dua ekor domba. Lala rajin menggembalakan domba di tepi hutan. Di pagi hari, ia jarang sarapan. Neneknya memasukkan sebungkus nasi dan ikan asin ke dalam tas sekolahnya untuk bekal.
Watak tokoh Lala dalam penggalan kisah di atas ialah ....
a. baik dan suka membantu
b. ceria dan rajin
c. ramah dan baik
d. baik dan sederhana
29. Perayaan ulang tahun Rani sangat meriah. Semua sahabat sekelasnya hadir di program itu. Dalam program tersebut ditampilkan pertunjukan sulap dan atraksi yang menarik. Teman-teman Rani menikmati jalannya program hingga selesai.
Jenis paragraf tersebut ialah ....
a. narasi
b. deskripsi
c. persuasi
d. eksposisi
30. Perhatikan kutipan syair berikut !
wahai ananda cahaya mata
banyaklah berbudi dari berkata
tergoda budi balaslah segera
supaya hidupmu tiada nista
Maksud kutipan syair tersebut ialah ....
a. permintaan seorang anak kepada orang tuanya
b. keinginan orang tuanya pada masa depan anaknya
c. seruan untuk sering bertindak daripada bicara
d. seruan untuk sayang kepada ayah dan ibu
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang benar !
1. Kita harus tekun berlatih semoga sanggup meraih juara satu, Jo (....) “ kata Bedu kepada Bejo.
Tanda baca yang sempurna untuk mengisi cuilan rumpang pada kalimat petikan eksklusif tersebut ialah ....
2. Nama : Susi Marlina
.... : Semarang, 20 Juni 2006
Pada formulir diatas, titik-titik diisi dengan ....
3. Dalam drama, tokoh yang jahat disebut juga ....
4. Tanda baca yang dipakai dalam obrolan setelah kata yang mengambarkan pelaku dalam obrolan ialah ....
5. Ridwan sedang mengunjungi Museum Nasional. Untuk masuk ke museum ini tersedia tiket masuk yang sanggup dibeli di loket. Harganya cukup terjangkau. Latar tempat insiden di atas ialah ....
6. Lomba panjat pinang diadakan di halaman rumah Pak Kades.
Keterangan tempat pada kalimat di atas ialah ....
7. Pangeran Katak (pukau) melihat kecantikan Putri Bungsu.
Kata dalam kurung seharusnya ....
8. Puisi Aku, Deru Campu Debu, dan Yang Terampas dan Yang Putus ialah puisi karya ....
9. Nurma :” Yun, pantas saja ya kalau Bedu dijuluki Si Besar Mulut !”
Yunita :” Ya iya lah, ibarat yang kita tahu, Bedu itu kan suka ....
Kata yang sempurna untuk melengkapi percakapan di atas adalah....
10. (juang) para satria dihentikan dilupakan. Kata dalam kurung seharusnya ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud dengan membaca intensif ?
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
2. Apa saja unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah laporan pengamatan ?
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
3. Sebutkan unsur-unsur yang harus ada pada sebuah kisah !
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
4. Bagaimana cara mengkritik yang baik ?
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
5. Sebutkan cara memparafrasakan puisi !
Jawab : ..................................................................................................................
...............................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun 2018
Kunci Jawaban Room I
1. c. (5), (4), (3), (2), (1)2. d. kemeriahan pekan raya
3. c. (3) dan (4)
4. d. Bersikaplah sopan kepada siapa saja, di mana saja!
5. b. laporan hasil kunjungan
6. a. Bertamasya ke Candi Borobudur
7. a. topik
8. c. Rindu Sahabat
9. a. prosa
10. c. parafrasa puisi
11. c. makna puisi dihentikan berubah
12. b. alur
13. c. iklan penawaran jasa
14. b. tempat/tanggal lahir
15. a. Menurutku, apa yang kau lakukan itu sudah tepat. Untuk ke depannya kau harus lebih berhati-hati lagi menghadapi orang ibarat dia.
16. d. Sebaiknya Irma lebih rajin berguru Matematika dan minta bimbingan khusus
17. c. Kamu mahir ! Aku mengagumi semua karyamu.
18. a. daftar riwayat hidup
19. b. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor
20. a. Kedisiplinan siswa dalam mengikuti upacara
21. a. beragam setara
22. d. Meskipun
23. c. Maaf, sebaiknya kau berguru lebih ulet lagi !
24. c. Lambang dipakai sebagai alat komunikasi orang zaman dulu.
25. d. laporan hasil kunjungan
26. a. anjuran
27. d. malam hari
28. b. ceria dan rajin
29. a. narasi
30. c. seruan untuk sering bertindak daripada bicara
Kunci Jawaban Room II
1. titik (.)2. Tempat/tanggal lahir
3. antagonis
4. titik dua (:)
5. Museum Nasional
6. halaman rumah Pak Kades.
7. terpukau
8. Chairil Anwar
9. suka membual
10. Perjuangan
Kunci Jawaban Room III
1. Membaca intensif ialah membaca yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memahami isi bacaan.2. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor
3. Unsur-unsur Cerita:
1. Tema (Gagasan pokok atau ilham pikiran cerita)
2. Tokoh (Orang yang terlibat dalam cerita)
3. Alur (Jalan / rangakaian persitiwa dalam cerita)
4. Latar (Tempat, waktu atau suasana terjadinya kisah tersebut)
5. Sudut Pandang (Cara pengarang menempatkan tokoh fiktifnya atau menempatkan dirinya dalam cerita)
6. Watak (Sifat atau karakter tokoh dalam cerita)
7. Amanat (Pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya)
4. memakai bahasa yang sopan, menyertakan alasan yang masuk akal, mengkritik harus sesuai dengan masalah
5. membaca puisi dengan cermat, memperhatikan kata-kata sulit dalam puisi kemudian menjadikannya sebagai kata kunci, mengungkapkan isi puisi menurut kata-kata sulit itu
Note : Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasihItulah Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.