Instrumen Mengetahui Gaya Berguru Siswa
Bagaimana mengetahui kecendrungan gaya mencar ilmu siswa? kita sanggup memakai instrumen untuk mengetahui gaya belajar Siswa. Berikut ini salah satu instrumen dalam bentuk angket yang sanggup dipakai untuk mengetahui gaya mencar ilmu Siswa.
Jawablah dengan cepat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda silang pada a, b, atau c.
Jawablah dengan cepat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda silang pada a, b, atau c.
Pada waktu mencar ilmu untuk tes, apakah anda memilih a) membaca catatan, membaca judul dan sub-judul dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi b) meminta seseorang memberi anda pertanyaan, atau menghafal dalam hati sendirian c) menciptakan catatan pada kartu dan menciptakan model atau diagram Apa yang anda lakukan pada waktu mendengarkan musik? a) berkhayal (melihat benda-benda yang sesuai dengan musik yang sedang didengarkan) b) berdendang mengikuti alunan musik tersebut c) bergerak mengikuti musik tersebut, mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb. Pada waktu anda memecahkan masalah, apakah anda a) menciptakan daftar, mengatur langkah, dan mengeceknya sesudah langkah itu dikerjakan b) menelpon teman atau andal untuk membicarakan persoalan tersebut c) menguraikan (menganalisa) persoalan itu atau melaksanakan semua langkah yang anda pikirkan Jika anda ingin membaca untuk hiburan, apakah anda menentukan a) buku perjalanan dengan banyak gambar di dalamnya b) dongeng misteri yang penuh dengan percakapan di dalamnya c) buku yang sanggup menjawab pertanyaan dan memecahkan persoalan anda Untuk mempelajari bagaimana cara kerja komputer, apakah anda memilih a) menonton film ihwal cara kerja computer b) mendengarkan seseorang menjelaskan cara keja computer c) membongkar komputer dan mencoba menemukan sendiri cara kerjanya Anda gres saja memasuki museum ilmu pengetahuan, apa yang anda lakukan pertama kali? a) melihat sekeliling dan menemukan peta yang mengatakan lokasi aneka macam benda yang dipamerkan b) berbicara dengan penjaga museum dan bertanya kepadanya ihwal benda-benda yang dipamerkan c) melihat pada benda pertama yang kelihatan menarik, dan gres kemudian membaca petunjuk lokasi benda-benda lainnya Jenis restoran apa yang tidak anda sukai? a) restoran yang lampunya terlalu terang b) restoran yang musiknya terlalu keras c) restoran yang kursinya tidak nyaman Apakah anda lebih suka mengikuti a) kelas melukis b) kelas music c) kelas olah raga Apa yang kira-kira anda lakukan pada waktu anda merasa senang? a) meringis (tersenyum) b) berteriak dengan bahagia c) melompat dengan senang Seandainya anda berada pada suatu pesta, apa yang kira-kira akan paling anda ingat pada keesokan harinya? a) muka orang-orang dalam pesta, tetapi bukan namanya b) nama orang-orang dalam pesta, tetapi bukan mukanya c) sesuatu yang anda lakukan dan katakan selama dalam pesta Pada waktu anda bercerita, apakah anda menentukan untuk a) menulisnya b) menceritakannya dengan bunyi keras c) memerankannya Apa yang paling mengganggu bagi anda pada waktu anda mencoba untuk berkonsentrasi? a) gangguan visual b) bunyi gaduh c) gangguan lainnya menyerupai rasa lapar, sepatu yang sempit, atau rasa khawatir Apa yang kira-kira anda lakukan pada waktu anda marah? a) cemberut atau menunjukkan muka marah b) berteriak atau “mengamuk” c) menghentakkan kaki dengan keras dan membanting pintu Apa yang kira-kira akan anda lakukan pada waktu berdiri menunggu antrian di gedung bioskop? a) melihat-lihat pada poster iklan film lainnya b) berbicara dengan orang di sebelah anda c) mengetukkan kaki atau berjalan ke arah lain |
Mengetahui gaya mencar ilmu siswa
Hitung berapa jumlah pilihan balasan (a) – ini merupakan orang ‘visual’
Hitung berapa jumlah pilihan balasan (b) – ini merupakan orang ‘auditory’
Hitung berapa jumlah pilihan balasan (c) – ini merupakan orang ‘kinesthetic’
Apabila skor (a) yang menonjol ini berarti gaya mencar ilmu siswa yang paling mayoritas ialah gaya mencar ilmu tife visual. Hal ini berarti siswa cenderung mencar ilmu dengan cara melihat sesuatu. Siswa menyukai melihat gambar atau diagram, menonton pertunjukan, demonstrasi suatu kegiatan, atau menyaksikan video.
Untuk mempermudah dan mempercepat siswa memahami materi pelajaran atau hal yang lain dipelajari cobalah:mengubah materi pelajaran ke dalam bentuk poster-poster yang gampang dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik, dan warnai seindah mungkin.
Pada siswa yang memilki gaya mencar ilmu visual, materi pembelajran sebaiknya dibuatkan dalam bentuk peta konsep, mulai dari tema besar di tengah halaman, memakai kata-kata penting, memakai simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, dan lakukan ini dengan gayamu atau harapan siswa sendiri. Dalam mencatat pelajaran, gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting semoga sanggup dengan gampang dilihat lagi bila kita mempelajarinya di lain waktu.
Untuk membantu mengingat apa yang gres dibaca dan didengar, siswa diminta duduk dengan santai sambil membayangkan dalam pikiran apa yang gres dibaca/didengar, semoga siswa lebih paham lagi.
Apabila skor (b) yang menonjol ini berarti gaya mencar ilmu siswa yang paling mayoritas ialah gaya mencar ilmu ‘auditory’. Hal ini berarti siswa cenderung mencar ilmu dengan cara mendengar sesuatu. siswa menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat atau berdiskusi. Untuk mempermudah siswa memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:membaca pelajaran dengan cara baca yang dramatis, menyerupai pujangga membaca puisi misalnya, atau menyerupai skenario, bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap. Merangkum pelajaran untuk diucapkan dengan lantang, atau bahkan merekamnya dalam kaset, diselingi plesetan atau hal lain,dan memutarnya dengan walkman sepanjang perjalanan kita ke sekolah.
Saat membacakan dengan lantang, perhatikan intonasi, penitikberatan khusus, coba berbisik, dan coba juga sambil memejamkan mata untuk mencar ilmu membayangkan apa yang sedang dibacakan, sehingga secara tidak eksklusif kita telah mengaktifkan pula daya visual kita dalam belajar.
Apabila skor (b) yang menonjol ini berarti gaya mencar ilmu siswa yang paling mayoritas ialah gaya mencar ilmu tipe Kinestetik: Hal ini berarti siswa cenderung mencar ilmu melalui acara fisik dan melibatkan diri langsung. Siswa suka menyentuh, merasakan, membongkar sesuatu, melaksanakan olah tubuh.Untuk mempercepat dan mempermudahmu memahami sesuatu (pelajaran atau lainnya, cobalah:
Baca Juga:
Siswa yangf mempunyai gaya mencar ilmu tipe Kinestetik, cobalah mencar ilmu sambil berjalan-jalan. Setiap kali membaca atau mendengarkan seseorang berbicara, bangkitlah untuk sedikit bergerak setiap 20-30 menit sekali. Coba mencar ilmu dalam kelompok untuk membentuk suasana bermain tugas (drama) dari pelajaran yang dibahas.Tulislah kembali point-point penting dari catatan pelajaran ke dalam kartu-kartu yang disusun secara logis. Buatlah semacam percobaan, atau model dari apa yang sedang kau pelajari. Libatkan badan kau dalam mencar ilmu dengan mencoba menjiplak apa yang dipelajari, atau bahkan menjiplak gaya-gaya lucu gurumu dikala mengajar semoga kau sanggup mengingatnya dengan lebih baik! Setiap orang mempunyai kekuatan dan kelemahannya masing-masing.
Dengan mengetahui kekuatanmu yang ada pada diri siswa, Kita sanggup meningkatkan prestasi siswa dengan mengarahkan mereka untuk mencari cara-cara mencar ilmu yang cocok dengan kecenderungan-kecenderungan yang ada pada diri siswa itu sendiri Selain itu, kita juga bias mengarahkan siswa untuk mengaktifkan aspek-aspek yang kurang menonjol sehingga prestasi siswa tersebut sanggup berkembang lebih baik lagi.