Unduh Pola Format Supervisi Akademik

Supervisi akademik ialah serangkaian kegiatan membantu guru membuatkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007).

Supervisi akademik merupakan salah satu (fungsi fundamental (essential function) dalam keseluruhan jadwal sekolah (Weingartner, 1973; Alfonso dkk., 1981; dan Glickman, et al; 2007). Hasil supervisi akademik berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengembangan profesionalisme guru.

Supervisi akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja  guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi mudah penilaian kinerja guru dalam supervisi akademik ialah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, contohnya apa yang bekerjsama terjadi di dalam kelas?, apa yang bekerjsama dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan acara di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan murid?, apa yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan akademik?, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya?. Berdasarkan tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun satu hal yang perlu ditegaskan di sini, bahwa sehabis melaksanakan penilaian kinerja berarti selesailah pelaksanaan supervisi akademik, melainkan harus dilanjutkan dengan tindak lanjutnya berupa pembuatan jadwal supervisi akademik dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Tujuan supervisi akademik adalah:

  1. membantu guru membuatkan kompetensinya,
  2. mengembangkan kurikulum,
  3. mengembangkan kelompok kerja guru, dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987).

Prinsip-prinsip supervisi akademik

  1. Praktis, artinya gampang dikerjakan sesuai kondisi sekolah.
  2. Sistematis, artinya dikembangan sesuai perencanaan jadwal supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran.
  3. Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen.
  4. Realistis, artinya menurut kenyataan sebenarnya.    
  5. Antisipatif, artinya bisa menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.
  6. Konstruktif, artinya membuatkan kreativitas dan penemuan guru dalam membuatkan proses pembelajaran.
  7. Kooperatif, artinya ada kolaborasi yang baik antara supervisor dan guru dalam membuatkan pembelajaran.
  8. Kekeluargaan, artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam membuatkan pembelajaran.
  9. Demokratis, artinya supervisor dihentikan mendominasi pelaksanaan supervisi akademik.
  10. Aktif, artinya guru dan supervisor harus aktif berpartisipasi.
  11. Humanis, artinya bisa membuat hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor
  12. Berkesinambungan (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah).
  13. Terpadu, artinya menyatu dengan dengan jadwal pendidikan.
  14. Komprehensif, artinya memenuhi ketiga tujuan supervisi akademik di atas (Dodd, 1972).

Berikut ini rujukan format Supervisi Akademik

Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)


Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)


A. CONTOH FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2006


1. CONTOH FORMAT INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS  (KURIKULUM 2006)

Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Ket
1.            
                       
Ketepatan dan keajegan  SK/KD
·         Rumusan Standar Kompetensi  (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
·         Jika terjadi perubahan urutan,maka sesuai dengan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi
·         Ada kesesuaian antara KD dengan komponen-komponennya  (indikator, materi, kegiatan belajar, media/sumber, evaluasi)


2.
Keakuratan Materi  Pembelajaran

·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Sesuai dengan tingkat perkembangan dan bermanfaat bagi penerima didik


3.
Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan pembelajaran memuat acara berguru yang berpusat pada siswa/belajar aktif
·         Tahapan kegiatan pembelajaran mendukung tercapainya KD
·         Kegiatan pembelajaran menunjukkan kesempatan kepada siswa untuk  membuatkan kecakapan hidup (personal, sosial)
·         Sesuai dengan pengalaman berguru yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran


4.
Indikator
·         Rumusan indikator berisi jabaran sikap untuk mengukur tercapainya KD
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang sanggup diukur dan diobservasi
·         Terdiri dari beberapa rumusan indikator (minimal 2 indikator) untuk setiap KD
·         Tingkat kata kerja lebih rendah atau minimal sama dengan KD


5.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan meliputi seluruh indikator
·         Wujud/contoh alat penilaian terang dan sesuai dengan indikator


6.
Alokasi Waktu
·         Alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi
·         Alokasi waktu sesuai dengan jadwal semester yang telah disusun


7.
Sumber Belajar
·         Sumber berguru sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber berguru bervariasi


Jumlah Skor Perolehan




2.  CONOH FORMAT INSTRUMEN PENILAIAN RPP  (KURIKULUM 2006)

Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Keterangan
1.            
                       
Kesesuaian SK, KD, indikator, dan alokasi waktu
·         Rumusan standar kompetensi  (SK) dan KD sesuai dengan standar Isi
·         Rumusan indikator berisi sikap untuk mengukur tercapainya KD dan alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di dalam silabus
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang sanggup diukur dan atau diobservasi dan sesuai dengan indikator yang ada di silabus


2.
Tujuan Pembelaja-ran
·         Rumusan tujuan pembelajaran selaras dengan KD
·         Rumusan tujuan pembelajaran merupakan rincian/lebih spesifik dari KD


 3.
Pengemb-angan materi dan materi ajar
·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Materi pembelajaran dijabarkan dalam materi didik secara memadai dan kontekstual


4.
Metode Pembelajaran
·         Metode pembelajaran bervariasi
·         Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran


5.
Langkah-langkah Pembelajaran
·         Pendahuluan berisi pengaitan   kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya.
·         Kegiatan inti dituliskan secara rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
·         Inti pembelajaran yang dirancang  berfokus pada siswa
·         Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan sobat atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
·         Penutup pembelajaran berisi penyimpulan/ refleksi/ atau tindak lanjut (tugas pengayaan/ pemantapan)
·         Rumusan langkah-langkah pembelajaran menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai.


6.
Sumber Belajar
·         Sumber berguru sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber berguru bervariasi


7.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan meliputi seluruh indikator
·         Rubrik/pedoman penyekoran/kunci tanggapan dicantumkan secara terang dan tepat


Jumlah Skor Perolehan





3. CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN  (KURIKULUM 2006)

NAMA GURU
:  …………………………………........................................
MATA PELAJARAN
:  …………………………………........................................
NAMA SEKOLAH
:  …………………………………........................................
KELAS/SEMESTER
:  …………………………………........................................
HARI/TANGGAL
:  …………………………………........................................
MATERI PELAJARAN
:  …………………………………........................................
NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
KET
1
2
3
4
5
A
 Pendahuluan / Pra Pembelajaran






1.
 Memeriksa kesiapan penerima didik







2.
 Melakukan kegiatan apersepsi







B
 Kegiatan Inti Pembelajaran







 Penguasaan Materi Pelajaran :







3.
 Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran






4.
 Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan






5.
 Menyampaikan materi dengan terang dan sesuai dengan hierarki berguru






6.
 Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan






 Pendekatan / Strategi Pembelajaran :






7.
 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai






8.
 Melaksanakan pembelajaran secara runtut






9.
 Menguasai kelas







10.
 Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual






11.
 Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuh-nya kebiasaan positif






12.
 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan






 Pemanfaatan Sumber Belajar / Media Pembelajaran :






13.
 Menggunakan media secara efektif dan efisien






14.
 Menghasilkan pesan yang menarik






15.
 Melabatkan siswa dalam pemanfaatan media






16.
 Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran






17.
 Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon penerima didik






18.
 Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme penerima didik dalam berguru






 Penilaian Proses dan Hasil Belajar :






19.
 Memantau kemajuan berguru selama proses






20.
 Melakukan  penilaian  akhir  sesuai  dengan   kompetensi (tujuan)






 Penggunaan Bahasa :







21.
 Menggunakan bahasa verbal dan tulis secara jelas, baik, dan benar






22.
 Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai






C
 PENUTUP








23.
 Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan me-libatkan penerima didik






24.
 Melaksanakan tindak lanjut dengan menunjukkan arahan, atau kegiatan, atau kiprah sebagai bab remidi / pengayaan






JUMLAH SKOR PEROLEHAN







                                                                                   


4. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK


Nama Guru                 : ………………………………………….
Mata Pelajaran            : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Ket
1
2
3
4
5
1
Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru mempunyai jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru membuat jadwal tahunan dalam tahun terakhir.






4
Apakah guru membuat jadwal semester untuk dua semester terakhir.






5
Apakah guru mempunyai silabus yang dibentuk sendiri dan silabus dari pemerintah






6
Apakah guru mempunyai RPP yang disusun sendiri






7
Apakah guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal






8
Apakah guru mempunyai dan memakai buku teks dan buku referensi






9
Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.






10
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS






11
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS






12
Apakah guru mengoreksi hasil ulangan






13
Apakah guru membuat jadwal dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan sanggup bangkit diatas kaki sendiri tidak terstruktur






14
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan sanggup bangkit diatas kaki sendiri tidak terstruktur






15
Apakah guru mempunyai buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.






16
Apakah guru melaksanakan analisis hasil penilaian UH.






17
Apakah guru menyusun dan melaksanakan jadwal remedial.






18
Apakah guru menyusun dan melaksanakan jadwal pengayaan.






19
Apakah guru mendapat pelengkap dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar






20
Apakah guru mempunyai buku jadwal mengajar






21
Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)






22
Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll)






23
Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar






24
Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer






25
Apakah guru mempunyai hasil PTK







Jumlah






           
Jumlah Skor               : ..............................
Skor Maksimal            : 25 x 5 = 125

5. Instrumen monitoring ADMINISTRASI KHUSUS  GURU BIMBINGAN  KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK

Nama Guru                 : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru pembimbing mempunyai perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.






4
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.






5
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir






6
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling






7
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling






8
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan






9
Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi






10
Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)






11
Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)






12
Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)






13
Apakah guru pembimbing melaksanakan penilaian pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)






14
Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil penilaian pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)






15
Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling






16
Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)






17
Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan






18
Apakah guru pembimbing melaksanakan layanan konseling sesuai jadwal






19
Apakah guru mendapat pelengkap dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar






20
Apakah guru mempunyai buku jadwal mengajar






21
Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll)






23
Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar






24
Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer






25
Apakah guru mempunyai hasil PTK






                                                           


B. CONTOH FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013



1. INSTRUMEN SUPERVISI RPP  (KURIKULUM 2013) SD/SMP/SMA/SMK (K2013)


Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................

Aspek yang Diamati
Belum Sesuai
(1)
Sesuai sebagian
(2)
Sesuai semua
(3)
Catatan
A.
Perumusan Indikator




1
Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan KD



2
Meliputi dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan



3
Menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu prilaku



4
Mengadung satu prilaku yang sanggup diobservasi



5
Mencakup  level berpikir tinggi (analisis, evaluasi, atau mencipta).



6
Meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn)



B.
Perumusan Tujuan Pembelajaran




7
Tujuan realistik, sanggup dicapai melalui proses pembelajaran



8
Relevan dengan kompetensi dasar dan indikator



9
Mencakup pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan



10
Mengandung unsur membuat karya



C.
Materi Pelajaran




11
Relevan dengan tujuan



12
Sesuai dengan potensi penerima didik



13
Kontekstual



14
Sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa



15
Bermanfaat untuk penerima didik



16
Materi yang disajikan aktual



17
Relevan dengan kebutuhan siswa



D.
Media Belajar



18
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.



19
Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran



20
Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik



21
Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi



E.
Metode Pembelajaran




22
Sesuai dengan tujuan pembelajaran.



23
Sesuai dengan pendekatan saintifik



24
Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau proyek.



25
Mengembangkan kapasitas individu dan kolaborasi penerima didik



E.
Rencana Kegiatan Pembelajaran




26
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.



27
Menjelaskan tujuan pembelajaran



28
Merencanakan kegiatan siswa mengamati



29
Merencanakan kegiatan siswa menanya



30
Merancang kegiatan siswa mencoba



31
Merancang  kegiatan siswa menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi)



32
Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau mengomunikasikan produk penalarannya



33
Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta



34
Mengandung planning kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial, dan pengayaan)



F.
Penilaian




35
Menilai ketercapain indikator hasil belajar



36
Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan



37
Merancang penilaian otentik



38
Meliputi rancangan instrumen tes



39
merancang penilai tugas



40
Menetapkan pedoman penskoran



SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN

Nilai







Kriteria:
Amat baik
86
 s.d
100

Baik
70
 s.d
85

Kurang
Di bawah 70









2. CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK(KURIKULUM 2013)


Nama Guru                : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................
Nama Sekolah            : …………………………….......................................


Aspek yang Diamati
Belum Sesuai
(1)
Sesuai sebagian
(2)
Sesuai semua
(3)
Catatan
A. Apersepsi dan Motivasi
1
Mengaitkan materi pembelajaran kini dengan pengalaman penerima didik atau pembelajaran sebelumnya.



2
Mengajukan pertanyaan menantang.



3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.



4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran.



B. Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan



5
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  penerima didik.



6
Menyampaikan planning kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melaksanakan observasi.



C. Kegiatan Inti




Penguasaan Materi Pelajaran




7
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.



8
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



9
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



10
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik




11
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



12
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, klarifikasi terperinci dan konfirmasi.



13
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



14
Menguasai kelas.



15
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.



16
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



17
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.



Penerapan Pendekatan scientific




18
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.




19
Memfasilitasi penerima didik untuk   mengamati.



20
Memancing penerima didik untuk  bertanya.



21
Memfasilitasi penerima didik untuk mencoba.



22
Memfasilitasi penerima didik untuk   menganalisis.



23
Memberikan pertanyaan penerima didik untuk  menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis).



24
 Menyajikan kegiatan penerima didik untuk  berkomunikasi.



Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran




25
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.



26
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.



27
Menghasilkan pesan yang menarik.



28
Melibatkan penerima didik dalam   pemanfaatan sumber berguru pembelajaran.



29
Melibatkan penerima didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.



D.  Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran




30
 Menumbuhkan partisipasi aktif penerima didik melalui interaksi guru, penerima didik, sumber belajar.



31
Merespon positif partisipasi penerima didik.



32
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons penerima didik.



33
Menunjukkan hubungan antar eksklusif yang kondusif.



34
Menumbuhkan keceriaan atau antuisme penerima didik dalam belajar.




E. Melaksanakan Penilaian Autentik




35
Menilai sikap dalam pembelajaran



36
Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran



37
Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran



F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran




38
Menggunakan bahasa verbal secara terang dan lancar.



39
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



F. Penutup pembelajaran 




40
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan penerima didik.



41
Mengumpulkan hasil kerja sebagai materi portofolio.



42
Melaksanakan tindak lanjut dengan menunjukkan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.



Jumlah

Nilai









3. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK


Nama Guru                 : ………………………………………….
Mata Pelajaran            : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Ket
1
2
3
4
5
1
Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru mempunyai jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru membuat jadwal tahunan dalam tahun terakhir.






4
Apakah guru membuat jadwal semester untuk dua semester terakhir.






5
Apakah guru mempunyai silabus yang dibentuk sendiri dan silabus dari pemerintah






6
Apakah guru mempunyai RPP yang disusun sendiri






7
Apakah guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal






8
Apakah guru mempunyai dan memakai buku teks dan buku referensi






9
Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.






10
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS






11
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS






12
Apakah guru mengoreksi hasil ulangan






13
Apakah guru membuat jadwal dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan sanggup bangkit diatas kaki sendiri tidak terstruktur






14
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan sanggup bangkit diatas kaki sendiri tidak terstruktur






15
Apakah guru mempunyai buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.






16
Apakah guru melaksanakan analisis hasil penilaian UH.






17
Apakah guru menyusun dan melaksanakan jadwal remedial.






18
Apakah guru menyusun dan melaksanakan jadwal pengayaan.






19
Apakah guru mendapat pelengkap dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar






20
Apakah guru mempunyai buku jadwal mengajar






21
Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007
(Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014)






22
Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll)






23
Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar






24
Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer






25
Apakah guru mempunyai hasil PTK







Jumlah






           


4. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI KHUSUS  GURU BIMBINGAN  KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK

Nama Guru                 : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Ket
1
2
3
4
5
1
Apakah guru mempunyai SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru pembimbing mempunyai perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.






4
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.






5
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir






6
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling






7
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling






8
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan






9
Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi






10
Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)






11
Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)






12
Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)






13
Apakah guru pembimbing melaksanakan penilaian pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)






14
Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil penilaian pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)






15
Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling






16
Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)






17
Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan






18
Apakah guru pembimbing melaksanakan layanan konseling sesuai jadwal






19
Apakah guru mendapat pelengkap dan mempunyai data manajemen kiprah selain mengajar






20
Apakah guru mempunyai buku jadwal mengajar






21
Apakah guru mempunyai Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru mempunyai buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan materi didik dll)






23
Apakah guru melaksanakan pengembangan materi ajar






24
Apakah guru mempunyai karya ilmiah populer






25
Apakah guru mempunyai hasil PTK






                                                           



Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)


Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)

Terima kasih biar informasi rujukan format Supoervisi Akademik ini bermanfaat untuk Anda.


=====================================

= Baca Juga =



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel