Soal Uts Pkn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Fatwa 2018/2019
Berikut ini ialah teladan soal UTS PKn kelas 2 semester 1 terbaru tahun aliran 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS Pkn kelas 2 semester 1 ini sanggup dijadikan tumpuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 2 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.
1. Di bawah ini merupakan perilaku yang sanggup membuat kerukunan yaitu ....
a. gotong royong
b. mengganggu adik
c. bertengkar dengan teman
2. Kegiatan gotong royong sanggup menumbuhkan ....
a. perpecahan
b. pertikaian
c. persatuan
3. Deni dan keluarganya akan berekreasi. Namun terdengar kabar ada tetangga yang meninggal. Sebaiknya perilaku Deni dan keluarganya ialah ....
a. tetap berangkat
b. menunda rekreasi dan melayat lebih dahulu
c. menyuruh pembantu yang melayat
4. Di kelasmu ada murid baru. Dia masih malu. Ketika istirahat, ia hanya sendirian. Sebaiknya kamu...
a. mengejek alasannya tidak memiliki teman
b. mengajaknya bermain
c. membiarkannya tetap sendiri
5. Kelompok Riko sedang melaksanakan diskusi. Agar diskusi sanggup berjalan dengan lancar, mereka harus saling ....
a. memaksakan pendapat
b. merasa paling benar sendiri
c. menghargai pendapat
6. Hidup tenang dan senang sanggup tercipta kalau setiap warga sanggup hidup ....
a. kaya
b. rukun
c. berkecukupan
7. Apabila ada yang mengajukan usul, kita harus ....
a. menentang
b. mengejek
c. menghargai
8. Teman kita ada yang berkelahi. Yang sebaiknya kita lakukan ialah ....
a. membela yang lebih kaya
b. melaporkan kepada guru
c. menuntaskan dengan musyawarah
9. Pertengkaran dalam masyarakat hendaknya harus ....
a. dihindari
b. dibiasakan
c. dikembangkan
10. Agar tercipta kehidupan yang kondusif dan damai, sebaiknya kita saling ....
a. menghibur
b. bersaing
c. menghormati
11. Dino memiliki adik. Adiknya belum sanggup naik sepeda. Adiknya meminta Dino mengajarinya. Dino sebaiknya ....
a. mengajari adiknya naik sepeda
b. mengejek adiknya
c. menyuruh adiknya berguru sendiri
12. Dengan hidup rukun, kita akan merasa ....
a. sedih
b. celaka
c. bahagia
13. Dengan sesama saudara di rumah kita harus ....
a. bertengkar
b. rukun
c. membenci
14. Agar tercipta kerukunan, maka antarteman harus saling ....
a. bersaing
b. menghargai
c. menyindir
15. Fito memegang dua potong roti. Ia menawarkan sepotong rotinya kepada Iwan. Iwan menawarkan permen yang dipegangnya kepada Fito. Yang dilakukan Fito dan Iwan memperlihatkan perilaku saling ....
a. bersaing
b. berbagi
c. memusuhi
16. Ibu guru membagikan soal ulangan. Murid-murid mengerjakan soal ulangan secara ....
a. sendiri-sendiri
b. bergantian
c. bersama-sama
17. Jika melihat ibu mencuci piring, kau sebaiknya ....
a. akal-akalan tidak tahu
b. asyik menonton televisi
c. membantu ibu mencuci piring
18. Manfaat perilaku tolong-menolong ialah ....
a. pekerjaan yang sulit menjadi mudah
b. mengurangi harta milik kita
c. membuat kita miskin
19. Contoh perilaku tolong-menolong di sekolah ialah ....
a. membantu mengerjakan ulangan harian
b. membantu menghabiskan uang saku teman
c. meminjami penggaris dan pensil
20. Apabila ada dua sahabat yang bermusuhan, kita harus ....
a. mendukung salah satu
b mendamaikannya
c. mengadu domba
21. Daerah Lombok terjadi peristiwa gempa bumi. Sikap kita seharusnya ialah ....
a. mengajak sahabat untuk melihat
b. ikut mengumpulkan bantuan
c. membiarkannya
22. Ada sahabat yang tidak sengaja menginjak kakimu. Sikap kau ialah ....
a. membalasnya
b. memarahinya
c. memaafkannya
23. Rasa kerukunan sanggup kita wujudkan dengan selalu menjaga ....
a. persatuan dan kesatuan
b. perilaku egois
c. perilaku hirau tak acuh
24. Kerja bakti sangat bermanfaat untuk ....
a. membuat kerukunan
b. mencari teman
c. menambah pengetahuan
25. Mewujudkan kerukunan antarumat beragama merupakan kewajiban ....
a. setiap warga negara
b. pemuka agama
c. pihak berwajib
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang benar !
1. Tolong menolong perlu dibiasakan semenjak ......................................
2. Terhadap tetangga, kita harus hidup ...........................................
3. Jika ada tetangga yang sakit wajib kita .............................
4. Kepada orang bau tanah kita harus berbicara ...............................
5. Hidup rukun sanggup membuat ............................................
6. Ardi dan Agung tidak pernah bertengkar. Mereka berdua selalu ..............................
7. Menyontek dihentikan dilakukan pada dikala .........................................
8. Suka berkelahi termasuk perbuatan .......................................
9. Sikap tolong-menolong sanggup membuat ....................................
10. Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab ...................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terperinci dan sempurna !
1. Sebutkan manfaat perilaku tolong-menolong!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
2. Mengapa kita harus hidup rukun?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
3. Bagaimana perilaku anak yang menghormati orang tuanya?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
4. Mengapa kita harus menaati tata tertib sekolah?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
5. Sebutkan tiga ciri keluarga yang hidup rukun!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
2. c. persatuan
3. b. menunda rekreasi dan melayat lebih dahulu
4. b. mengajaknya bermain
5. c. menghargai pendapat
6. b. rukun
7. c. menghargai
8. c. menuntaskan dengan musyawarah
9. a. dihindari
10. c. menghormati
11. a. mengajari adiknya naik sepeda
12. c. bahagia
13. b. rukun
14. b. menghargai
15. b. berbagi
16. a. sendiri-sendiri
17. c. membantu ibu mencuci piring
18. a. pekerjaan yang sulit menjadi mudah
19. c. meminjami penggaris dan pensil
20. b mendamaikannya
21. b. ikut mengumpulkan bantuan
22. c. memaafkannya
23. a. persatuan dan kesatuan
24. a membuat kerukunan
25. b. pemuka agama
2. rukun
3. jenguk
4. santun
5. kebahagiaan dan kedamaian
6. rukun
7. ulangan
9. kerukunan
10. semua warga
Kunci Jawaban Room III
1. pekerjaan menjadi lebih ringan, mempererat tali persaudaraan, mempererat kerukunan
2. supaya tercipta kehidupan yang damai
3. patuh, kalau dinasihati tidak membantah, berbicara lemah lembut
3. supaya proses belajat mengajar menjadi lancar
5. tidak suka bertengkar, kalau ada duduk perkara dimusyawarahkan, saling membantu
Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1
I. Berilah tanda silang (X) pada aksara a , b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !1. Di bawah ini merupakan perilaku yang sanggup membuat kerukunan yaitu ....
a. gotong royong
b. mengganggu adik
c. bertengkar dengan teman
2. Kegiatan gotong royong sanggup menumbuhkan ....
a. perpecahan
b. pertikaian
c. persatuan
3. Deni dan keluarganya akan berekreasi. Namun terdengar kabar ada tetangga yang meninggal. Sebaiknya perilaku Deni dan keluarganya ialah ....
a. tetap berangkat
b. menunda rekreasi dan melayat lebih dahulu
c. menyuruh pembantu yang melayat
4. Di kelasmu ada murid baru. Dia masih malu. Ketika istirahat, ia hanya sendirian. Sebaiknya kamu...
a. mengejek alasannya tidak memiliki teman
b. mengajaknya bermain
c. membiarkannya tetap sendiri
5. Kelompok Riko sedang melaksanakan diskusi. Agar diskusi sanggup berjalan dengan lancar, mereka harus saling ....
a. memaksakan pendapat
b. merasa paling benar sendiri
c. menghargai pendapat
6. Hidup tenang dan senang sanggup tercipta kalau setiap warga sanggup hidup ....
a. kaya
b. rukun
c. berkecukupan
7. Apabila ada yang mengajukan usul, kita harus ....
a. menentang
b. mengejek
c. menghargai
8. Teman kita ada yang berkelahi. Yang sebaiknya kita lakukan ialah ....
a. membela yang lebih kaya
b. melaporkan kepada guru
c. menuntaskan dengan musyawarah
9. Pertengkaran dalam masyarakat hendaknya harus ....
a. dihindari
b. dibiasakan
c. dikembangkan
10. Agar tercipta kehidupan yang kondusif dan damai, sebaiknya kita saling ....
a. menghibur
b. bersaing
c. menghormati
11. Dino memiliki adik. Adiknya belum sanggup naik sepeda. Adiknya meminta Dino mengajarinya. Dino sebaiknya ....
a. mengajari adiknya naik sepeda
b. mengejek adiknya
c. menyuruh adiknya berguru sendiri
12. Dengan hidup rukun, kita akan merasa ....
a. sedih
b. celaka
c. bahagia
13. Dengan sesama saudara di rumah kita harus ....
a. bertengkar
b. rukun
c. membenci
14. Agar tercipta kerukunan, maka antarteman harus saling ....
a. bersaing
b. menghargai
c. menyindir
15. Fito memegang dua potong roti. Ia menawarkan sepotong rotinya kepada Iwan. Iwan menawarkan permen yang dipegangnya kepada Fito. Yang dilakukan Fito dan Iwan memperlihatkan perilaku saling ....
a. bersaing
b. berbagi
c. memusuhi
16. Ibu guru membagikan soal ulangan. Murid-murid mengerjakan soal ulangan secara ....
a. sendiri-sendiri
b. bergantian
c. bersama-sama
17. Jika melihat ibu mencuci piring, kau sebaiknya ....
a. akal-akalan tidak tahu
b. asyik menonton televisi
c. membantu ibu mencuci piring
18. Manfaat perilaku tolong-menolong ialah ....
a. pekerjaan yang sulit menjadi mudah
b. mengurangi harta milik kita
c. membuat kita miskin
19. Contoh perilaku tolong-menolong di sekolah ialah ....
a. membantu mengerjakan ulangan harian
b. membantu menghabiskan uang saku teman
c. meminjami penggaris dan pensil
20. Apabila ada dua sahabat yang bermusuhan, kita harus ....
a. mendukung salah satu
b mendamaikannya
c. mengadu domba
21. Daerah Lombok terjadi peristiwa gempa bumi. Sikap kita seharusnya ialah ....
a. mengajak sahabat untuk melihat
b. ikut mengumpulkan bantuan
c. membiarkannya
22. Ada sahabat yang tidak sengaja menginjak kakimu. Sikap kau ialah ....
a. membalasnya
b. memarahinya
c. memaafkannya
23. Rasa kerukunan sanggup kita wujudkan dengan selalu menjaga ....
a. persatuan dan kesatuan
b. perilaku egois
c. perilaku hirau tak acuh
24. Kerja bakti sangat bermanfaat untuk ....
a. membuat kerukunan
b. mencari teman
c. menambah pengetahuan
25. Mewujudkan kerukunan antarumat beragama merupakan kewajiban ....
a. setiap warga negara
b. pemuka agama
c. pihak berwajib
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang benar !
1. Tolong menolong perlu dibiasakan semenjak ......................................
2. Terhadap tetangga, kita harus hidup ...........................................
3. Jika ada tetangga yang sakit wajib kita .............................
4. Kepada orang bau tanah kita harus berbicara ...............................
5. Hidup rukun sanggup membuat ............................................
6. Ardi dan Agung tidak pernah bertengkar. Mereka berdua selalu ..............................
7. Menyontek dihentikan dilakukan pada dikala .........................................
8. Suka berkelahi termasuk perbuatan .......................................
9. Sikap tolong-menolong sanggup membuat ....................................
10. Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab ...................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terperinci dan sempurna !
1. Sebutkan manfaat perilaku tolong-menolong!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
2. Mengapa kita harus hidup rukun?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
3. Bagaimana perilaku anak yang menghormati orang tuanya?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
4. Mengapa kita harus menaati tata tertib sekolah?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
5. Sebutkan tiga ciri keluarga yang hidup rukun!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
Kunci Jawaban Room I
1. a. gotong royong2. c. persatuan
3. b. menunda rekreasi dan melayat lebih dahulu
4. b. mengajaknya bermain
5. c. menghargai pendapat
6. b. rukun
7. c. menghargai
8. c. menuntaskan dengan musyawarah
9. a. dihindari
10. c. menghormati
11. a. mengajari adiknya naik sepeda
12. c. bahagia
13. b. rukun
14. b. menghargai
15. b. berbagi
16. a. sendiri-sendiri
17. c. membantu ibu mencuci piring
18. a. pekerjaan yang sulit menjadi mudah
19. c. meminjami penggaris dan pensil
20. b mendamaikannya
21. b. ikut mengumpulkan bantuan
22. c. memaafkannya
23. a. persatuan dan kesatuan
24. a membuat kerukunan
25. b. pemuka agama
Kunci Jawaban Room II
1. dini2. rukun
3. jenguk
4. santun
5. kebahagiaan dan kedamaian
6. rukun
7. ulangan
9. kerukunan
10. semua warga
1. pekerjaan menjadi lebih ringan, mempererat tali persaudaraan, mempererat kerukunan
2. supaya tercipta kehidupan yang damai
3. patuh, kalau dinasihati tidak membantah, berbicara lemah lembut
3. supaya proses belajat mengajar menjadi lancar
5. tidak suka bertengkar, kalau ada duduk perkara dimusyawarahkan, saling membantu
Note : Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasihItulah Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.