Model Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (Gls)
PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) |
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Tak Sebatas Baca Buku, Ini Dia Cara Penerapnya Melalui Kurikulum Wajib Baca yang bersumber dari Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah.
Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri penerima didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri penerima didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
Hal yang paling fundamental dalam praktik literasi yaitu kegiatan membaca. Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari aneka macam hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual penerima didik. Melalui membaca penerima didik sanggup menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya.
Membaca menawarkan efek budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi penerima didik. Sayangnya, hingga dikala ini prestasi literasi membaca penerima didik di Indonesia masih rendah, berada di bawah rata-rata skor internasional. Dari laporkan hasil studi yang dilakukan Central Connecticut State University di New Britain, diperoleh informasi bahwa kemampuan literasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei (Jakarta Post, 2016).
===============================================
===============================================
Rendahnya literasi membaca tersebut akan besar lengan berkuasa pada daya saing bangsa dalam persaingan global. Kemampuan literasi sangat penting untuk keberhasilan individu dan negara dalam tataran ekonomi berbasis pengetahuan di percaturan global pada masa depan (Miller, 2016). Hal ini menawarkan penguatan bahwa kurikulum wajib baca penting untuk diterapkan dalam pendidikan di Indonesia. Manual ini diharapkan sanggup menawarkan fondasi dan isyarat bagi Sekolah Menengah Pertama dalam menerapkan kurikulum wajib baca. Tidak tertutup kemungkinan contoh-contoh yang tersaji di sini sanggup dikembangkan lagi sehingga Sekolah Menengah Pertama menjadi semakin kreatif dan novatif.
Tujuan kurikulum wajib baca yaitu sebagai berikut: a) membentuk akal pekerti luhur; b) membuatkan rasa cinta membaca; c) merangsang tumbuhnya kegiatan membaca di luar sekolah; d) menambah pengetahuan dan pengalaman; e) meningkatkan intelektual; f ) meningkatkan kreativitas; g) meningkatkan kemampuan literasi tinggi. Adapun Sasaran kurikulum wajib baca yaitu penerima didik di sekolah
Pelaksanaan kurikulum wajib baca perlu melibatkan semua pihak, bukan hanya sekolah dan orang tua, tetapi pelibatan publik mutlak diperlukan. Selain itu, kurikulum wajib baca juga perlu menyesuaikan dengan SPM, khususnya untuk jumlah buku (di Sekolah Menengah Pertama minimal ada 200 judul buku pengayaan dan 20 judul buku referensi. Selain itu, dalam Kurikulum 2013, penerima didik Sekolah Menengah Pertama wajib menuntaskan minimal 12 buku nonpelajaran/pengayaan).
MODEL PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) |
Contoh kegiatan disusun menurut tahap-tahap literasi, yakni: (1) Tahap Pembiasaan, (2) Tahap Pengembangan, (3) Tahap Pembelajaran. Berikut ini yaitu teladan kegiatan yang dimaksudkan dengan langkah-langkahnya.
1. Tahap Pembiasaan
A) Membaca lima belas menit setiap hari pada jam ke-0 atau waktu lain menurut kesepakatan sekolah.
Kegiatan ini merupakan upaya membiasakan membaca pada penerima didik.
1) Guru memandu penerima didik untuk membaca selama lima belas menit.
2) Guru dan penerima didik membaca selama lima belas menit.
3) Guru memotivasi penerima didik untuk gemar membaca.
B) Mengelola sudut baca.
Sudut baca ini merupakan upaya mendekatkan penerima didik pada buku. Berikut ini salah satu alternatif yang sanggup dilakukan untuk mengelola sudut baca.
1) Wali kelas memandu penerima didik untuk menciptakan sudut baca.
2) Setiap penerima didik menyumbang satu buku untuk sudut baca.
3) Ada penerima didik yang bertugas mengelola manajemen peminjaman buku.
4) Peserta didik wajib meminjam buku untuk dibaca.
C) Satu Peserta Didik Satu Buku Sastra (1 tahun sekali)
Program ini bertujuan untuk menambah jumlah koleksi buku sastra di perpustakaan sekolah.
1) Peserta didik diminta membawa satu buku sastra.
2) Peserta didik membaca buku yang dimiliki.
3) Setelah dibaca, buku itu disumbangkan pada perpustakaan sekolah.
4) Peserta didik sanggup meminjam buku sastra yang lain di sekolah.
5) Sekolah mempunyai koleksi buku sastra lebih banyak.
D) Wajib Kunjung Perpustakaan Sekolah
Kegiatan ini bertujuan memanfaatkan perpustakaan untuk menumbuhkan kegemaran membaca
1) Pengelola perpustakaan menawarkan jadwal kunjung ke perpustakaan kepada setiap guru mata pelajaran.
2) Sesuai dengan jadwal, setiap guru mata pelajaran membawa penerima didik satu kelas untuk berkunjung ke perpustakaan.
E) Membacakan cerita. Program ini bertujuan memotivasi penerima didik membaca lebih banyak lagi
1) Guru menentukan buku/cerita yang bermanfaat dan menarik untuk dibacakan di depan penerima didik.
2) Guru membacakan dongeng dengan lisan dan penghayatan yang tepat.
3) Tanya jawab dengan penerima didik ihwal dongeng yang telah dibacakan.
4) Pada tahap berikutnya, penerima didik secara bergiliran diminta membaca dongeng menarik lain di hadapan sobat sekelas.
5) Diadadakan lomba membaca dongeng bagi penerima didik setiap tahun.
2. Tahap Pengembangan
A. Mengelola sudut baca
Mengelola sudut baca sanggup dilakukan lagi di tahap pengembangan dengan menambahkan beberapa langkah. Berikut ini salah satu alternatif yang sanggup dilakukan untuk mengelola sudut baca dalam tahap pengembangan.
1) Wali kelas memandu penerima didik untuk menciptakan sudut baca.
2) Setiap penerima didik menyumbang satu buku untuk sudut baca.
3) Ada penerima didik yang bertugas mengelola manajemen peminjaman buku.
4) Peserta didik wajib meminjam buku untuk dibaca.
5) Peserta didik menciptakan resume hasil bacaan.
6) Peserta didik mengumpulkan hasil serume di loker khusus.
7) Wali kelas menyelidiki resume di loker sebulan sekali.
8) Peserta didik menciptakan perayaan hasil membaca, contohnya menceritakan hasil bacaan di kelas.
B. Satu Jam Wajib Baca (seminggu sekali)
Kegiatan ini membiasakan penerima didik gemar...
1) membaca buku yang disukai,
2) membuat resume,
3) mengisi jurnal membaca,
4) menceritakan isi buku.
C. Kuis Membaca Pagi
Program ini membiasakan penerima didik dengan kegiatan membaca pada pagi hari. Medianya berupa papan yang dilengkapi kotak-kotak kecil sebanyak jumlah mata pelajaran di sekolah. Kotak-kotak ini untuk menempatkan kertas-kertas kuis di tiap mata pelajaran. Berikut ini panduan pelaksanaan Kuis Membaca Pagi
1) Tiap penerima didik diminta untuk mencari teks (tidak lebih dari satu halaman) yang kemudian ditempel di kertas karton. Teks tersebut dilengkapi dengan soal yang dibentuk oleh penerima didik sendiri.
2) Tiap penerima didik diberi kode untuk menandai teks tersebut. Seluruh teks dari penerima didik ditempatkan di kotak yang telah disiapkan di kelas.
3) Siapkan juga kartu pantau yang berisi ihwal nomor urut, tanggal mengerjakan, identitas penerima didik, kode teks dan soal yang dikerjakan!
4) Sepakati hari untuk melaksanakan jadwal ini, misal tiap Senin dan Kamis!
5) Pada hari yang telah disepakati, seluruh penerima didik menentukan kartu soal dan teks sesuai urutan daftar hadir kelas. Kegiatan dilaksanakan pagi hari sebelum jam pelajaran dimulai. Peserta didik bisa mengambil lebih dari 1 teks dan soal untuk dikerjakan kalau waktunya masih mungkin.
6) Usai membaca teks dan mengerjakan soal, penerima didik mengisi kartu pantau.
D. Duta Literasi
Duta literasi merupakan penerima didik terpilih yang bertugas untuk membuatkan jadwal literasi di sekolah. Beberapa kegiatan duta literasi sanggup dilakukan, antara lain:
1) Wali kelas mengadakan seleksi duta literasi.
2) Wali kelas menentukan tiga duta literasi .
3) Duta literasi dilatih dan dibekali keterampilan membaca dan menulis.
4) Duta literasi wajib menjadi teladan membaca dan menulis.
5) Duta literasi bertugas memotivasi penerima didik lainnya semoga gemar membaca.
6) Duta literasi bertugas mengelola sudut baca.
7) Duta literasi bertugas mengelola majalah dinding (mading) kelas. Kartu Mandiri Kartu berdikari mempunyai kegunaan untuk memonitor sasaran buku bacaan penerima didik.
8) Kartu berdikari berisi catatan buku yang sudah dibaca penerima didik.
9) Peserta didik bersama guru menentukan sasaran minimal buku, contohnya untuk Sekolah Menengah Pertama minimal 100 buku
F. Klub Pecinta Buku
Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan penerima didik membaca buku gres dan membagi hasil bacaan pada teman. Kegiatan dalam klub pecinta buku sanggup dilakukan dengan aneka macam cara, antara lain:
1) membaca buku,
2) membuat ringkasan/resensi buku,
3) menceritakan isi buku,
4) mendiskusikan isi buku.
G. Tantangan Membaca
Tantangan membaca tidak dilaksanakan pada tahap pembiasaan, tapi sanggup dilaksanakan sehabis sekolah masuk dalam tahap pengembangan. Program ini menantang penerima didik untuk meningkatkan kegemaran membaca. Berikut ini alternatif langkah-langkah kegiatan yang sanggup dilakukan:
1) mendaftar jadwal tantangan membaca,
2) memilih judul buku untuk tantangan membaca,
3) meringkas buku, tidak lebih dari dua ratus kata,
4) melaporkan rencana daftar bacaan penerima didik dan hasil membacanya pada panitia,
5) melaksanakan tantangan membaca,
6) memberikan akta pada penerima didik yang berhasil.
H. Penghargaan Membaca
Penghargaan ini bertujuan meningkatkan motivasi membaca penerima didik. Kegiatan penghargaan membaca yang sanggup dilakukan antara lain:
1) memilih pembaca buku terbanyak dalam tiga bulan,
2) memberikan penghargaan dan hadiah buku pada waktu upacara sekolah.
I. Menyusun Portofolio Membaca
Program ini bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan membaca penerima didik. Portofolio hasil membaca sanggup berupa dokumen bukti fisik
1) hasil membaca contohnya ringkasan buku-buku yang telah dibaca atau jurnal membaca, laporan kiprah membaca penerima didik, dan hasil membaca kreatif penerima didik. Berikut langkah-langkahnya.
2) Guru meminta semua produk hasil membaca penerima didik untuk dikumpulkan.
3) Peserta didik menyiapkan bahan-bahan untuk menciptakan portofolio (lembar kerja, folder, dan map dokumen).
4) Peserta didik menyusun portofolio menurut bentuk dan isi produk.
5) Tentukan isi portofolio (semua karya penerima didik atau hasil laporan membaca)
6) Bentuk portofolio mencakup identitas penerima didik, daftar isi protofolio atau garis besar portofolio dan kumpulan karya-karya.
7) Setiap hari penerima didik mengerjakan portofolio (misalnya lima belas menit setiap sore).
8) Portofolio yang telah disusun, kemudian disimpan atau digantung berjajar di kelas secara berurutan.
9) Guru memantau dan menilai portofolio yang telah disusun penerima didik.
J. Membaca Berhadiah Buku
Pemberian buku sebagai hadiah dilakukan untuk lebih mendorong penerima didik gemar membaca. Program ini sanggup dilakukan dengan langkah-langkah berikut
1) Guru bekerja sama dengan pengelola perpustakaan sekolah untuk menyediakan catatan kunjungan penerima didik ke perpustakaan.
2) Guru menyosialisasikan kepada seluruh penerima didik ihwal jadwal Pembaca Terbaik yang akan dilaksanakan setiap bulan.
3) Peserta didik akan berkompetisi membaca di perpustakaan sebanyak-banyaknya setiap saat. Kunjungan penerima didik ke perpustakaan sekolah sanggup dilakukan ketika jam istirahat atau waktu senggang.
4) Setiap bulan, guru akan menentukan pembaca terbaik di sekolah kemudian diberi hadiah buku dan tercatat di papan Pembaca Terbaik Bulan Ini.
5) Pembaca terbaik dipilih menurut frekuensi kunjungan penerima didik ke perpustakaan, jumlah buku yang dipinjam, dan jenis buku-buku yang dibaca serta dipinjam penerima didik.
6) Jika sudah berjalan satu tahun, guru atau sekolah akan menentukan pembaca terbaik selama satu tahun.
7) Pemilihan Pembaca Terbaik sanggup dilakukan pada setiap jenjang.
K. Pos Baca Pos
Baca sekolah merupakan daerah bacaan dan membaca di area sekolah yang lebih luas, menyerupai lorong-lorong sekolah, taman sekolah, kantin, dan sebagainya. Bahan yang dipajang di Pos Baca sanggup lebih bervariasi dan seluruh warga sekolah baik penerima didik, guru, kepala sekolah bisa berpartisipasi memperlihatkan karyanya melalui Pos Baca tersebut. Berikut cara yang sanggup ditempuh untuk membuatkan Pos Baca.
1) Guru dan penerima didik menciptakan pos baca di sekolah.
2) Guru menawarkan kiprah kepada setiap kelas untuk secara bergiliran menyediakan dan mengganti bahan-bahan bacaan pada pos baca secara rutin.
3) Pada tahap awal perlu dikondisikan oleh guru atau kepala sekolah untuk membaca dan menawarkan laporan hasil bacaan pada Pos Baca.
4) Peserta didik diminta membaca buku di Pos Baca dan memajang karyanya di Pos Baca.
3. Tahap Pembelajaran
A. Membaca Buku Cerita (satu jam, seminggu sekali)
Kegiatan ini membiasakan penerima didik untuk membaca sastra. Kegiatan membaca buku dongeng sanggup dilakukan dengan aneka macam cara, antara lain:
1) membaca buku cerita,
2) membuat ringkasan isi cerita,
3) membuat materi presentasi,
4) menceritakan kembali pada sobat atau kelompok.
B. Mading Kelas (terbit seminggu sekali)
Kegiatan ini membiasakan penerima didik untuk menulis, mempublikasi, dan membaca karya secara berkala. Berikut ini beberapa kegiatan dalam majalah dinding (mading) kelas.
1) membuat mading kelas,
2) menulis berita,
3) mempublikasikan gosip di mading.
C. Diorama Cerita
Kegiatan ini bertujuan membiasakan penerima didik untuk membaca sastra. Kegiatan dalam diorama cerita, antara lain:
1) peserta didik berkelompok 2–3 penerima didik,
2) membaca buku cerita,
3) mendiskusikannya dalam kelompok,
4) membuat diorama cerita,
5) peserta didik bercerita di depan sobat dengan dukungan diorama cerita.
D. Piramida Cerita
Kegiatan ini membiasakan penerima didik untuk membaca sastra. Berikut ini teladan kegiatan dalam piramida dongeng yang sanggup dilakukan oleh penerima didik.
1) berkelompok 2–3 penerima didik;
2) membaca buku dongeng bersama;
3) diskusi menentukan bagian-bagian penting cerita;
4) mengambar piramida di kertas;
5) menulis bab awal, inti, dan tamat dongeng di tiga sisi piramida;
6) peserta didik bercerita di depan sobat dengan dukungan piramida.
E. Wajib Kunjung Perpustakaan Sekolah
Kegiatan ini sudah dikenalkan pada tahap pembiasaan. Dalam tahap pembelajaran, ada embel-embel langkah terkait dengan tagihan akademik. Berikut ini alternatif langkah yang sanggup dilakukan.
1) Pengelola perpustakaan menawarkan jadwal kunjung ke perpustakaan kepada setiap guru mata pelajaran.
2) Sesuai dengan jadwal, setiap guru mata pelajaran membawa penerima didik satu kelas untuk berkunjung ke perpustakaan.
3) Guru menawarkan kiprah untuk membaca buku yang berkaitan topik pembelajaran, menciptakan resume, dan berdiskusi.
F. Klub Literasi Peserta didik yang tergabung dalam klub ini melaksanakan aneka macam acara literasi, di antaranya sebagai berikut.
1) bedah buku,
2) pelatihan menulis,
3) pameran buku,
4) kontes membaca,
5) seminar literasi,
6) lokalatih literasi, dll.
Sumber: Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, Kemdikbud. 2016